Novel Ramayana

Ramayana


Gambar : http://book.store.co.id/Ramayana_buku_9438.html
Judul
Ramayana
ISBN
979-963-535-7
Kategori
Fiksi Sejarah dan Budaya
Pengarang
C. Rajagopalashari
Penerjemah
Yudhi Murtanto
Penerbit
-
Tahun Terbit
2008
Bahasa
Bahasa Indonesia
Kisaran Harga
50.000- 60.000
Resensi
Cerita ini diawali dengan kelahiran putra-putra Dasarata, Rama, Bharata, Lesmana, dan Satruguna. Dasarata adalah raja besar di zamannya yang memimpin kerajaan besar, Ayodya. Kebahagiaan Dasarata sebagai raja besar lengkap sudah, karena ia memiliki putra yang sempurna, Rama yang dipercaya sebagai titisan Wisnu, dan menantu Sinta yang dipercaya sebagai titisan Laksmi, serta anak-anak yang lain, Bharata, Lesmana, dan Satruguna yang tak kalah menawannya.

Namun kebahagiaan itu sirna saat Raja Dasarata harus memenuhi permintaan istri yang terlanjur diiyakan sebelum didengar oleh Dasarata. Permintaan yang tak pernah diduga sebelumnya, yaitu mengusir Rama dan istrinya dari Ayodya dan menobatkan Bharata sebagai raja di Ayodya. Semua pihak menentang termasuk Bharata sendiri. Namun sebagai anak yang berbakti, Rama ikhlas melaksanakan janji ayahandanya. Rama , Sinta, dan Lesmana pun pergi dari Ayodya menuju hutan Dandaka, mengganti semua kemewahan dengan segala kekurangan. Namun begitu, mereka menikmati semua itu, hingga pada suatu hari Sinta diculik oleh Raja Raksasa, Rahwana, untuk dijadikan istri. Tentu saja Sinta menolak, dan setia kepada Rama.

Pencarian Sinta terus berlanjut. Rama mendapatkan bantuan dari Jathayu, burung Garuda yang sempat bertarung dengan Rahwana dan pasukan kera pimpinan Sugriwa dan Hanoman. Kumbakarna dan Wibisana, saudara Rahwana tengah mengingatkan bencana besar yang akan melanda negerinya jika Sinta tidak dikembalikan. Tapi Rahwana tidak peduli. Ia termakan kesombongan akan kekuatan dan kebesaran namanya yang akhirnya mengantarkannya pada kehancuran.

Di akhir cerita, Rama, Sinta, dan Lesmana kembali ke kerajaan setelah masa pengasingan selesai, dan menjadi Raja yang masyhur di Ayodya, dan dunia pada masa itu.
Penilaian Pribadi
Bagi pembaca yang menyukai novel sejarah dan budaya, Ramayana nampaknya patut diperhitungkan. Meskipun saya pribadi menganggap cara penyampaian cerita (kalimat-kalimatnya) kurang menarik (Entah di bahasa aslinya), namun semua itu kalah dengan cerita yang dibawakannya, yang begitu 'wah'. Tidak salah jika Ramayana mendapat julukan salah satu epos terbaik di dunia.
Bintang
* * * * * * _ _ _ _ (6)
Dimana Menemukannya ?
- Toko Buku Gramedia (Kisaran Harga 58.000 per Maret 2011)
- kutukutubuku.com (kisaran harga 49.300 per tanggal 4 Juli 2011)
- gramediaonline.com (kisaran harga 49.3000 per tanggal 4 Juli 2011)
- bukabuku.com (kisaran harga 49.300 per tanggal 4 Juli 2011)
- book.store.co.id (kisaran harga 58.500 per tanggal 4 Juli 2011) 

sumber: http://katalogia.blogspot.com/search/label/R

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Novel Ramayana"

Post a Comment