CARA MEMBUAT ANTENNA WIFI BIQUAD

Dengan menjamurnya pengguna frekwensi 2,4GHz dewasa ini, maka diperlukan suatu peralatan berupa antena yang mudah dibuat dengan harga murah. Pastinya semua para pengguna frekwensi 2,4G udah pernah ngerti dengan model antena ini.
Antena biquad merupakan gabungan dari dua quad. Panjang sisi dari antena quad adalah ¼ λ agar kondisi matching terpenuhi. Antena BiQuad ini memiliki penerimaan sinyal 10-20 Dbi, bentuknya sangat simple dan kecil sehingga antena ini sangat mobile dan terlebih lagi lebih bermanfaat bagi anda yang selalu mobile dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan secara online internet. Nah, ini tutorialnya gan:

Bahan - Bahan yang dibutuhkan:
1. 123x123mm bagian persegi PCB kosong
2. 50mm panjang 1 / 2 "pipa tembaga
3. panjang pendek CNT-400 atau LMR-400 coax loss rendah (~ 300mm panjang)
4. 250mm of 2.5mm 2 kawat tembaga (kira-kira 1.5mm diameter)
5. N konektor



Alat yang diperlukan:
1.Solder dan tenol (3 solder, 1 buat nekuk PVC, 1 buat tembaga, 1 buat nyolder kabel dan
komponen)
2.Lem bakar
3.Gergaji besi
4.Bor
5.Amplas
6.Obeng plus
7.Selotip listrik

Langkah Kerja
1.Membuat dasar/dudukan antena
Potong PVC sepanjang 16,5cm, kemudian belah vertikal, panaskan di atas kompor gas, dan tekan sehingga menjadi lembaran. Buat pola bujursangkar ukuran 125x125 mm, dan tambahan sepanjang 20mm di kedua sisi, liat gambar di bawah .

2.Potong sesuai pola, perhatikan untuk versi radio, kita harus membuat celah pada tatakan agar bagian kumparan pada radio tidak membentur PVC.

3. Membuat reflektor BIQUAD. Buat pola di PCB ukuran 123x123mm, potong kemudian tentukan titik tengahnya dan buat lobang ukuran diameter 10mm, demikian juga pada dasar antenna, jelasnya lihat gambar diatas. Berikutnya buat empat lubang kecil di tiap sudut, baik di reflektor ataupun dudukan antena, ini nanti akan menjadi tempat buat spacer.
Satukan sehingga menjadi seperti gambar di bawah.

4.Membuat elemen biquad
Tarik tembaga dari dalam kabel, potong sepanjang 244mm, amplas ujungnya sedikit saja. beri tanda goresan dengan cutter tiap 30.5mm, pastikan ada 8 segmen/bagian. bentuk menjadi gambar di bawah, gunakan tang agar membentuk sudut 90^O .

5. Membuat poros
Potong pipa tembaga sepanjang 25mm, pada salah satu ujungnya di belah tengah sepanjang 3mm, kemudian setengah bagiannya di buang. masukkan pipa dalam lobang tengah di dudukan, pastikan jaran ujung (yang ada coakannya) 15mm dari permukaan reflektor, lihat gambar.

6.Menambahkan elemen biquad.Saatnya kita satukan elemen dengan dasar+reflektor+poros yang sudah kita buat dilangkah sebelumnya. Titik tengah biquad ada dua macam, yaitu yang terpisah, dan yang tidak terpisah. Titik tengah yang terpisah di solder ke poros di bagian coakan yang tinggi. sedangkan titik tengah yang menyatu biarkan menggantung, pastikan titik tengah biquad itu tepat berada di titik tengah poros. Pastikan juga ujung elemen ada di sisi yang ada tekukannya.

7.Membuat kabel jumper. Potong kabel RG-58/u sepanjang 100mm untuk versi USB atau 200mm untuk versi Radio. Kupas lapisan luar sepanjang 20mm, kupas intinya sehingga tersisa insulator kurang lebih 4mm. Potong lapisan kabel PLN (yang tadi inti tembaganya di ambil) sepanjang 30mm belah tengah, tempatkan di ujung yang akan masuk ke poros kemudian di selotip listrik. Atur serabut tembaga agar rapi usahakan jangan menggumpal karena akan menyulitkan saat dimasukkan ke poros.

8. Pemasangan kabel jumper
Masukkan ujung kabel yang sudah kita persiapkan pada langkah diatas, kemudian solder ujung inti ke titik tengah elemen yang menggantung tadi.
9. TAAARRRAAAA.,, DAH JADI DEH ANTENNA NYA.,,


 *****************************SELAMAT MENCOBA*********************************

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBUAT ANTENNA WIFI BIQUAD"

Post a Comment